Minggu, 02 Oktober 2016

feature




Menikmati Keindahan Kebun Raya Bogor

denah lokasi Kebun Raya Bogor


Kebun Raya Bogor adalah sebuah kebun botani (tumbuh-tumbuhan) besar yang terletak di Kota Bogor Jawa Barat. Luasnya mencapai 87 hektar dan memiliki sekitar 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Areanya yang luas cukup membuat para pengunjung merasa lelah. Jika sudah lelah, Anda dapat beristirahat di kursi yang sudah disediakan oleh pihak pengelola sambil menikmati bekal minuman atau makanan yang Anda bawa dari rumah dan menikmati indahnya kolam yang dihiasi bunga teratai atau air mancur yang indah.

Menurut prasasti Batutulis, Kebun Raya Bogor pada mulanya merupakan hutan buatan yang telah ada pada masa kerajaan Sunda dengan raja Prabu Siliwangi. Pada awal masa Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles, yang mendiami Istana Bogor dan memiliki minat besar dalam botani, tertarik mengembangkan halaman Istana Bogor menjadi sebuah kebun yang cantik.
Kebun botani yang juga digunakan sebagai tempat penelitian dan konservasi ini adalah salah satu tempat wisata kebanggaan Kota Hujan. Namun, luasnya Kebun Raya Bogor kadang membuat kita bingung untuk mengunjungi spot mana yang paling menarik. Kebun Raya Bogor merupakan kebun botani yang sudah ada sejak abad ke-19 ketika Indonesia masih dikuasai Belanda. Beberapa bangunan bersejarah dapat kita temukan di beberapa titik di Kebun Raya Bogor. Di kebun botani ini juga terdapat sebuah museum, taman serta danau buatan.

Kebun Raya Bogor Ini Didukung oleh lembaga LIPI (Lembaga Industri Pemerintah Indonesia).Banyaknya pohon di Kebun Raya ini membuat udara sejuk dan kaya akan oksigen. Ada lebih dari 17.000 species termasuk jenis bunga anggrek yang langka. Pohon-pohon yang ada disini tidak hanya berasal dari dalam negeri tetapi banyak pula yang berasal dari luar negeri. Yang selalu menarik untuk disaksikan adalah saat berkembangnya bunga bangkai (Rafflesia Arnoldi). Bunga ini memang unik karena ukuran yang besar dan bila berbunga akan mengeluarkan bau busuk sehingga diberi nama bunga bangkai.

Disini kita dapat memandang kawasan hijau yang menenangkan yang jarang kita temui di kota-kota besar. Suara burung yang bernyanyi dapat pula kita dengarkan. Untuk menambah kecantikannya, terdapat pula kolam-kolam dengan pancuran air, sehingga kita dapat mendengar suara gemericik air. Bagi Anda yang membawa anak-anak, tempat ini sangat cocok karena ada banyak taman-taman yang luas sehingga putra putri Anda dapat leluasa bermain. Misalnya taman dekat kolam teratai yang merupakan tempat favorit bagi para keluarga untuk bermain dengan anak mereka. Ada pula jalan yang menyerupai koridor panjang dengan pohon-pohon besar di sisi kiri dan kanan. Kursi-kursi yang ada di antara pohon tersebut menjadi tempat yang nyaman setelah berjalan mengelilingi kawasan ini. Fasilitas yang ada di kebun Raya Bogor ini Bisa kita temui diantaranya ada: Mesjid,Musholla,Toilet,Caffe,Kantin dan bisannya ramai di hari weekend yang bisa mencapai 10.000-an orang yang berkunjung kesana,kalau dihari biasa seperti hari senin sampai hari jum’at bisa sampai 1000-2000 orang saja kurang lebih.


Tak terasa waktu berlalu dan senja pun tiba, saatnya kami pulang dan mengakhiri wisata kami kali ini. Cuaca yang cerah dan suasana yang menggembirakan ini menambah keceriaan saya dan teman – teman di liburan kami hari itu. Kelelahan kami terasa tidak begitu berarti dibandingkan pengalaman berkunjung ke Kebun Raya Bogor dan mengetahui sedikit tentang sejarah indonesia dan menikmati keindahan yang asri bersama – sama. Semoga di lain waktu kami mendapat kesempatan untuk berwisata dan belajar bersama lagi.

makam Mbah Jepra
 

Kolam Astrid


Herbarium



 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar